Wifi.id News & Articles

Menu Sarapan Ideal untuk Turunkan Berat Badan

Sarapan sangat penting dilakukan sebelum kita beraktifitas, meskipun sedang melakukan program menurunkan berat badan. Saat sedang turunkan berat badan, perencanaan asupan makanan dimulai dari sarapan. Sarapan yang cukup nutrisi dan memicu pembakaran lemak tentu dianjurkan. 

Sebagai patokan jumlah kalori sarapan berkisar 300-400 kalori. Setengah bagian merupakan karbohidrat, 15% protein dan sepertiganya lemak sehat dan sisanya berupa serat dan gula. 

Seperti dikutip dari laman mertro.uk Stephanie dan Willow, ahli nutrisi terdaftar dari C&J Nutrition, di New York dan Washington DC, memberikan rekomendasi untuk menu sarapan bagi yang ingin turunkan berat badan:

1. Orak-arik Telur

Untuk sarapan, bisa membuat srambled eggs dari 2 butir telur.Buat dengan campuran 1 sdm daun bawang yang dicincang, 65 g bayam, dan 1 sdm minyak olive. Sajikan dengan sepotong roti panggang dan 75 g starwberry atau blueberry.

2. Roti dan Selai Kacang

Pilih roti whole wheat, olesi dengan selai kacang natural dan beri topping 1 buah pisang yang dipotong-potong.

3. Semangkuk Oatmeal

Racik 45 g oatmel dengan setengah gelas air, setengah gelas susu kedelai taar, 1 sdm walnut cincang dan segenggam strawberry atau blueberry dan beri sedikit maple syrup.

4. Sedikit Desert

Menurut studi orang yang makan sedikit puding, sepotong kecil cake atau cokelat saat sarapan, berat badannya lebih cepat turun dibandingkan yang tidak.

5. Sereal Berukuran Besar

Peneliti menemukan orang akan makan sereal dengan bentuk besar lebih sedikit. Dan mereka yang makan sereal dengan bentuk kecil akan makan lebih banyak. Pilih sereal dengan bentuk kepingan yang lebih besar. Secara psikologis akan cepat memberi rasa kenyang.

Source: detik.com

comments powered by Disqus