Wifi.id News & Articles

Aplikasi Pantau Tilang hingga DPO Buatan Polresta Sukabumi

Polresta Sukabumi tengah mengembangkan aplikasi E-Moci atau Electronic Mobile Centre and Information. Dalam aplikasi itu, tersedia informasi lengkap mengenai pelayanan lalu lintas, info orang hilang, pengaduan, hingga identitas pelaku kejahatan yang masuk daftar pencarian orang (DPO) polisi.

Untuk pelayanan lalu lintas, tersedia e-tilang yang memudahkan warga Kota Sukabumi yang terkena tilang untuk memprosesnya melalui layar ponsel.

Kapolres Sukabumi Kota AKBP Rustam Mansur, menjelaskan jika nama E-Moci sebenarnya terinspirasi dengan penganan khas Kota Sukabumi, yaitu kue moci, makanya diberi nama seperti itu karena ada khasnya. Dalam aplikasi ini, semua layanan kepolisian bisa dengan mudah diakses hanya melalui layar ponsel.

Rustam mengatakan, aplikasi yang sengaja dibuat pihaknya ini merupakan bentuk dari peningkatan pelayanan publik berbasis teknologi informasi. Menurutnya, ini juga merupakan commander wish pimpinan kami jika polisi saat ini harus profesional modern dan tepercaya. Memudahkan publik agar dekat dengan layanan kepolisian melalui aplikasi seperti ini.

Aplikasi E-MOCI ini juga dilengkapi oleh identitas dan foto pelaku kejahatan yang masuk DPO serta berlaku secara nasional. Aplikasi ini juga aktif selama 24 jam bagi warga yang membutuhkan layanan kepolisian.

Menurut Rustam, setiap ada laporan, baik itu pengaduan atau layanan informasi lainnya terkait kepolisian di wilayah hukum kami, akan dipantau oleh petugas atau operator yang bersiaga di Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK). Dengan begitu, masyarakat juga akan merasa lebih dekat dengan polisi, layanan kepolisian hanya sejangkauan jari.

Source: detik.com

comments powered by Disqus