Wifi.id News & Articles

Tips Menyelamatkan "Smartphone" yang Terendam Air

Smartphone Anda secara tidak sengaja terendam air? Jika iya, ternyata ada 11 langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan perangkat.  Belakangan ini, vendor-vendor smartphone memang sudah mulai banyak merilis produk yang bisa tahan meski sudah terendam air. Meski begitu, mayoritas perangkat yang ada masih belum tahan air. 

Nah, apa yang bisa dilakukan apabila smartphone terendam air? Berikut ini langkah-langkahnya.

1. Segera ambil smartphonedari dalam air

Meski kelihatannya tertutup rapat, air dapat dengan mudah merembes ke dalam smartphone dalam waktu yang sangat singkat. Perbedaan waktu beberapa detik pun bisa menentukan hidup-mati gadget Anda. Oleh karena itu, keluarkan perangkat dari air sesegera mungkin, lalu langsung matikan untuk mencegah korsleting (hubungan pendek arus listrik). Jangan nyalakan dulu sebelum dikeringkan.

2. Jangan coba mengambil smartphone terendam air yang sedang di-chargedan terhubung ke colokan listrik

Alasannya, listrik mungkin masih menyala dan bisa mengalir ke air di sekitar ponsel. Niatnya menyelamatkan ponsel, alih-alih jiwa sendiri bisa terancam. Matikan aliran listrik rumah terlebih dahulu, kemudian minta bantuan profesional. Apabila ponsel jatuh ke air saat tidak sedang terhubung ke colokan listrik, silakan membaca langkah selanjutnya.


3. Segera keringkan ponsel dengan handuk atau kain, kemudian lepas semua cover dan baterainya

Ini adalah salah satu langkah yang paling penting. Namun, langkah ini hanya berlaku bagi smartphone yang baterainya bisa dilepas sendiri oleh pengguna. Kebanyakan perangkat saat ini memang sudah memiliki desain unibody. Jika perangkat Anda memiliki desain unibody, silahkan lanjut ke langkah selanjutnya. Kebanyakan komponen elektronik di dalam smartphone bisa selamat meskipun terkena air, asalkan tidak ada aliran listrik dari baterai.  Untuk memeriksa kerusakan akibat air, periksalah pojok-pojok sekitar tempat baterai di area yang terdapat lingkaran atau kotak kecil berwarna putih, dengan atau tanpa garis berwarna merah. Kalau warnanya bukan putih tetapi berubah menjadi pink atau merah, berarti ada kerusakan akibat rembesan air. Baca buku manual dengan cepat jika tidak tahu cara melepas baterai.

4. Keluarkan kartu SIM dan memory card

Data dan informasi yang tersimpan di SIM atau kartu memori kadang lebih penting dibanding smartphone itu sendiri. Oleh karena itu, meski kedua komponen ini relatif tahan air, sebaiknya segera keluarkan untuk mencegah timbulnya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti korosi pada bagian kontak yang terbuat dari metal. Lalu, segera keringkan SIM dan kartu memori, jangan dimasukkan lagi sebelum ponsel benar-benar kering.

  1. Lepaskan semua aksesori seperti headphonedan casing

Aksesori bisa memerangkap air sehingga mempersulit proses pengeringan. Segera lepas semuanya setelah ponsel dikeluarkan dari dalam air.

Source: Kompas.com

comments powered by Disqus