Wifi.id News & Articles

Ruangguru Luncurkan Platform Kelas Digital untuk Guru

Bertepatan dengan perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-72, Ruangguru, sebuah perusahaan teknologi pendidikan lokal Indonesia, meluncurkan layanan terbarunya, Ruangkelas. Ruangkelas merupakan platform kelas digital gratis untuk guru-guru di Indonesia.

"Peluncuran Ruangkelas ini merupakan inovasi terbaru dalam mewujudkan kelas masa depan, yang bertujuan untuk mempermudah guru dalam kegiatan belajar-mengajar. Jadi, kinerja guru menjadi lebih efektif serta efisien," ujar CEO dan Co-Founder Ruangguru, Belva Devara, Kamis (31/8).

Layanan ini ditujukan untuk memudahkan guru dalam mengelola aktivitas belajar-mengajar di kelas. Guru dapat mengundang murid yang diajarnya untuk bergabung di Ruangkelas, kemudian memberikan tugas dan ulangan (dengan konten yang dibuat sendiri atau memanfaatkan bank soal dari Ruangguru), hingga melihat hasil dan perkembangan belajar murid.

Peluncuran layanan ini semakin mengukuhkan Ruangguru sebagai perusahaan teknologi pendidikan terbesar dan terlengkap di Indonesia. Ruangguru saat ini memiliki berbagai layanan pendidikan lainnya, antara lain; RuangLes, market-place guru privat; RuangLesOnline, layanan bimbingan belajar online on-demand; Ruangguru Digital Bootcamp-solusi pendidikan untuk pembelajaran jarak jauh berbasis group chat; dan RuangUji, layanan ujian online.

Selain itu, Ruangguru juga telah bekerja sama dengan 33 (dari 34) pemerintah provinsi dan lebih dari 305 pemerintah kota dan kabupaten di Indonesia, untuk mendorong pemerataan akses pendidikan berkualitas di seluruh Indonesia.  Dengan memanfaatkan perangkat elektronik, Ruangguru memberikan akses konten pendidikan berkualitas kepada siswa di seluruh Indonesia dengan biaya yang lebih terjangkau.

Sebagai tahap awal, Ruangguru akan mengadakan pelatihan serta pendampingan para guru di 10 kota, yaitu Bogor, Muara Enim, Denpasar dan tujuh kota lainnya. Guru-guru ini akan menjadi guru pionir pengguna Ruangkelas dan diharapkan dapat membimbing guru-guru lainnya di lingkungan mereka. Ke depannya, kesempatan ini juga akan diberikan untuk  guru-guru di kota lainnya di Indonesia.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Ruangguru yang telah memberikan pelatihan secara gratis terhadap guru-guru pada hari ini. Pelatihan ini sangat bermanfaat, terutama bagi sekolah kami yang baru merintis penggunaan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar, seperti email dan blog, untuk memberikan tugas kepada para murid," ujar guru SMPN 1 Muara Enim, Eli Wardayani, dalam keterangan tertulisnya.

Dengan semangat kolaborasi, di dalam Ruangkelas, guru bisa bekerjasama dalam menciptakan konten-konten pendidikan, yang nantinya akan digunakan dalam kegiatan belajar-mengajar oleh guru lainnya di seluruh Indonesia. Misalnya, guru di Jakarta dapat menggunakan soal yang dibuat oleh guru di Makassar. Harapannya, dengan meningkatnya kolaborasi ini, konten pendidikan di Indonesia akan semakin meningkat dan merata kualitasnya.

Source: Republika.co.id

comments powered by Disqus